Kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan Eksposisi pada Siswa SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung

Authors

  • Muhammad Singgih Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan PUEBI dan penyimpangan penggunaan PUEBI pada karangan eksposisi siswa serta faktor dan kendala yang menyebabkan terjadinya penyimpangan penggunaan PUEBI pada karangan eksposisi siswa kelas V semester ganjil SD Negeri 2 Gunung Terang Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V SD Negeri 2 Gunung Terang Bandar Lampung yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa siswa belum sepenuhnya dikatakan mampu menggunakan PUEBI dalam menulis karangan eksposisi. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh yang menunjukkan bahwa penyimpangan PUEBI masih banyak ditemukan pada karangan eksposisi siswa. Dari analisis yang dilakukan diketahui bahwa intensitas penyimpangan yang paling banyak ditemukan adalah penyimpangan penggunaan tanda baca daripada penyimpangan penggunaan huruf kapital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal dan Tasai, Amran. (2010) Cermat Berbahasa Indonsia.Jakarta: Akapres.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Finoza, Lamuddin. (2009). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Intan Mulia.

Fahrurrozi and Wicaksono, Andri. (2016). Sekilas Tentang Bahasa Indonesia: Catatan mengenai kebijakan bahasa, kaidah Pembelajaran Sastra, Penerjemahan dan BIPA. Yogyakarta: Garudhawaca.

Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.

Jauhari, H. (2009). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Keraf, Gorys. (1994). Komposisi. Ende, Flores: Nusa Indah.

Kosasih, E. (2003). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung:Yrama Widya.

Nursalim A.R. (2011) Pengantar Kemampuan Berbahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. (edisi revisi). Riau: Zanafa.

Yunianto, T., & Singgih, M. (2024). Analisis Makna Karya Sastra Puisi Pada Buku Surat Dari Samudra Antologi Puisi Anak Pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Al Banin: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1-14.

Yunianto, T., & Singgih, M. (2024). Kurikulum Merdeka: Implemetasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Tik Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 427-439.

Singgih, M., Hasanah, S. U., & Sari, T. M. (2022). Kritik Moral Dalam Antologi Puisi Potret Pembangunan Karya Ws Rendra. Jurnal Ksatra, 4(1), 103-112.

Singgih, M., & Hasanah, S. U. (2023). Penerapan project based learning untuk meningkatkan hasil belajar teks prosedur siswa SMP. Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra, 24(1), 113-117.

Singgih, M., & Rachmasisca, F. M. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONCEPT MAPPING DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SD NEGERI 3 SEGALAMIDER BANDAR LAMPUNG. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2).

Singgih, M., Hidayati, A. N., & Septiani, N. (2024). Penguatan Literasi Membaca Melalui Model Lok-R Pada Siswa Sdit Al Hambra Pesawaran. Al Mufid: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 77-85.

Singgih, M., Sari, T. M., Marcela, E. D., & Aprilliya, R. (2023). Pelatihan Menulis Karangan Narasi Dengan Penggunaan Media Bergambar Siswa Sdn 1 Negeri Agung Tanggamus. Al Mufid: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 144-151.

Surastina. (2018). Pengkajian Wacana: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Tarigan, HG. (2011).Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waridah, Ernawati. (2009) PUEBI dan Seputar Kebahasaan Indonesia. Jakarta: Kawah Media

Downloads

Published

2025-09-11