Pemikiran Ibnu Khaldun dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Qois Azizah Bin Has Author

Abstract

aaa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Abdullah, Syamsuddin. Agama Dan Masyarakat (Pendekatan Sosiologi Agama). Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Adina, Rika Nia, and Wantini Wantini. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun Pada Pendidikan Islam Era Modern.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 8, no. 2 (February 27, 2023): 312–18. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.514.

Al-Qur’an, Lajnah Pentashihan mushaf. Quran Kemenag. Jakarta: Lajnah Pentashihan mushaf Al-Qur’an, 2022.

Ali, Mus Musyaffa Abdullah. “Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun Dan Hubungannya Dalam Konteks Pendidikan Modern.” PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) 3, no. 1 (May 28, 2019). https://doi.org/10.30631/pej.v3i1.23.

Almanaf. “Pemikiran Ibnu Khldun Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dunia Modern.” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 1 (2020): 1–16. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/1077.

Daulay, Haidar Putra, Zaini Dahlan, Muhammad Tarmizi, and Murali Murali. “Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun.” JURNAL ISLAMIKA GRANADA 1, no. 2 (January 11, 2021): 8–16. https://doi.org/10.51849/ig.v2i1.18.

Firmansyah, Mohammad, and Asmuki Asmuki. “Pemikiran Pragmatisme Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Dengan Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka.” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 8, no. 1 (July 30, 2023): 99–108. https://doi.org/10.35316/edupedia.v8i1.2788.

Hidayanti, Primasti Nur Yusrin, Miftahus Sa’diyah, and Moh. Buny Andaru Bahy. “Pendidikan Dalam Perspektif Ibnu Khaldun.” Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam 23, no. 02 (2022).

Irham, Masturi, Malik Supar, and Abidun Zuhri. Mukaddimah Ibnu Khaldun. Pustaka Al Kautsar, 2011.

Kurniandini, Sholeh, Muchammad Iqbal Chailani, and Abdul Wahab Fahrub. “Pemikiran Ibnu Khaldun (Pragmatis-Instrumental) Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Modern.” Jurnal Pendidikan 31, no. 3 (October 23, 2022): 349–60. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2864.

Miles, Mattew B, A Michael Hubarman, and Jhonny Saldana. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. 3rd ed. United States of America: Sage, 2014.

Nasution, Ina Zainah. “Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 12, no. 1 (June 1, 2020): 69–83. https://doi.org/10.30596/intiqad.v12i1.4435.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.

Rahim, Ahmad Habib Akramullah Abd., Susmihara, and Ahmad Yani. “Muqaddimah Ibnu Khaldun: Study of Islamic Historiography.” Jurnal Al-Hikmah 23, no. 2 (July 3, 2023): 51–60. https://doi.org/10.24252/al-hikmah.v23i2.34427.

Sjadzali, Munawir. Islam Dan Tata Negara: Ajaran, Sejarah Dan Pemikiran. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1993.

Yunianto, T., & Singgih, M. (2024). Analisis Makna Karya Sastra Puisi Pada Buku Surat Dari Samudra Antologi Puisi Anak Pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Al Banin: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1-14.

Yunianto, T., & Singgih, M. (2024). Kurikulum Merdeka: Implemetasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Tik Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 427-439.

Singgih, M., & Hasanah, S. U. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teks Prosedur Siswa Smp. Aksara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 24(1), 113-117.

Singgih, M., & Rachmasisca, F. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Concept Mapping Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Sd Negeri 3 Segalamider Bandar Lampung. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2).

Singgih, M., Hasanah, S. U., & Sari, T. M. (2022). Kritik Moral Dalam Antologi Puisi Potret Pembangunan Karya Ws Rendra. Jurnal Ksatra, 4(1), 103-112.

Singgih, M., Hidayati, A. N., & Septiani, N. (2024). Penguatan Literasi Membaca Melalui Model Lok-R Pada Siswa Sdit Al Hambra Pesawaran. Al Mufid: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 77-85.

Singgih, M., Sari, T. M., Marcela, E. D., & Aprilliya, R. (2023). Pelatihan Menulis Karangan Narasi Dengan Penggunaan Media Bergambar Siswa Sdn 1 Negeri Agung Tanggamus. Al Mufid: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 144-151.

Suharto, Toto. Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003.

Sunhaji. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 20, no. 2 (2016): 156–70. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.803.

Yatim, Badri. Historiografi Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Zaid, Ahmad. The Epistemology of Ibn Khaldun. London: Routledge Curzon, 2003.

خلدون, العلامة ولي الدين عبد الرحمن ابن محمد ابن. مقدمة ابن خلدون. دمشق: دار يعرب, 2004.

Downloads

Published

2025-09-11